Kiper Gagal Selamatkan Cardiff City Dari Degradasi

Prediksimafiabola.com – Kemajuan Neil Etheridge di Liga Premier sejauh ini hanya satu musim. Satu-satunya pemain Asia Tenggara yang berkompetisi dalam kompetisi sepak bola Inggris tertinggi harus menerima kenyataan bahwa klub yang ia bela, Cardiff City, diasingkan.

Musim depan, Cardiff City bermain di level Championship (divisi kedua). Padahal, mereka merupakan tim promosi musim ini. Alhasil, Cardiff City gagal bersaing dalam kerasnya Premier League 2018-2019.

Kepastian terdegradasi muncul setelah Cardiff City kalah 2-3 dari Crystal Palace di Cardiff City Stadium, Sabtu (4/5/2019). Padahal, pasukan Neil Warnock itu butuh menyapu bersih dua kemenangan dalam dua laga terakhir musim ini untuk bertahan.

Kekalahan ini membuat The Bluebirds menduduki peringkat ke-17 dengan poin 31 dari 37 pertandingan. Satu pertandingan tersisa musim ini, sudah tak berpengaruh.

Kekalahan dari Crystal Palace ini jadi yang ke-11 yang terjadi di kandang sendiri musim ini. Menurut Gracenote, Cardiff City menjadi tim keempat yang terdegradasi setelah kalah dari Palace dalam tiga musim terakhir.

Nasib sama dialami Huddersfield Town musim ini setelah kalah 0-2 dari Palace, kemudian Stoke terdegredasi pada akhir musim 2017-2018 setelah kalah 1-2 dari Palace, serta Hull City juga terpaksa turun kasta menyusul kekalahan 0-4 dari Palace pada musim 2016-2017.

Baca juga : Jurgen Klopp Tak Berekspresi Walau Liverpool Menang

Cardiff City menyusul Fulham dan Huddersfield Town, yang sebelumnya sudah dipastikan masuk zona merah di akhir musim 2018-2019.

Neil Etheride pun seakan tak sanggup menyelamatkan gawangnya dari gol-gol lawan. Gawang Cardiff City kebobolan hingga 69 gol dalam 37 pertandingan. Meski tak seluruhnya kesalahannya, status Neil Etheridge sebagai kiper utama membuatnya tetap punya peran dalam catatan minor itu.

Di sisi lain, lantaran statusnya di Cardiff City itu, tahun lalu Neil Etheridge tak banyak tampil bersama Timnas Filipina yang turun di Piala AFF 2018 serta awal tahun ini Piala Asia 2019.

Ia tercatat hanya tampil satu kali di Piala AFF 2018 dan bahkan tak masuk skuat The Azkals di Piala Asia 2019 karena Cardiff City enggan melepasnya.